Jumat, 07 Juli 2017

Cara mengecek Uang Asli atau Palsu


Teenspire - Zaman sekarang, tak dimungkiri bahwa kita sangat familiar dengan benda berwujud kertas yang bernama "Uang". Uang yang digunakan sebagai alat pembayaran ini paling sering dimanipulasi / dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tetapi karena perkembangan zaman terus maju, uang semakin susah untuk dipalsukan dengan hadirnya teknologi yang paling mutakhir.

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah sedang gencar-gencarnya memberi edukasi kepada masyarakat lewat Iklan TV mengenai Cara mengecek Uang Asli atau Palsu dengan metode 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang). Baik uang lama maupun uang baru, bisa dengan metode 3D.

Dilihat, apakah warnanya cerah atau pudar, kalau kusam bisa terlihat

Diterawang, ada berapa yang bisa dilihat, watermark ada, gambarnya ada atau tidak, gambar pahlawan cocok dengan yang sudah ditentukan oleh BI. Bisa menggunakan lampu khusus yaitu lampu Ultraviolet.

Diraba, ada bagian tertentu agak kasar.

Pada Uang baru emisi 2016, ada beberapa bagian yang bisa diraba oleh Tunanetra. Ada beberapa lagi bagian yang bisa berubah warna bila dipandang dari sudut tertentu.


Cara membedakan Uang Asli & Palsu:


Untuk membedakan uang Asli dan Palsu bisa dilihat dari unsur pengamannya. Uang rupiah memiliki unsur pengaman antara 8-12 unsur pengaman. Semakin tinggi pecahannya, Rp 100 ribu, 12 unsur pengaman. Baik di bahan uang watermark, benang pengaman, maupun diproses cetak seperti rectoverso.

Selebihnya cara mengecek mata uang asing sama halnya dengan Rupiah. Tetapi banyak mata uang asing yang unsur pengamannya lebih tinggi dibandingkan mata uang Rupiah seperti United States Dollar (USD), Singapore Dollar (SGD), dan lainnya.

Mudah kan? ayo segera cek uang anda :)
Load comments

0 komentar